Minggu, 19 Juni 2011

Aplikasi matematika(teori matematika) dalam kehidupan sehari-hari


Matematika adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hitung menghitung secara sistematis dan objektif dan yang berhubungan dengan angka, ilmu matematika sangat banyak berguna bagi manusia dalam hal apapun.Tanpa kita sadari,kita selalu menggunakan ilmu matematika tersebut,karena salah satu karakteristik matematika adalah diterapkan atau diaplikasikan dalam bidang ilmu lain maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya saja dalam hal tehknologi dan pengetahuan,matematika selalu berperan penting dalam pelaksanaannya.Misalkan pada suatu penelitian,nah disitu matematika berperan sebagai penghitung data,perumusan,penghitungan dan sebagainya.Menurut saya,matematika pun dianggap penting dalam perkembangan dan kemajuan bangsa.

Maka dari itu matematika sudah di perkenalkan sejak kita masih duduk di bangku TK, hingga dunia kerja pun tetap dan masih menggunakannya,tentu saja dalam konteks teori yang berbeda pula sesuai tingkatannya.Contohnya lagi, dalam seleksi PNS,seleksi masuk Universitas,masuk karyawan itu masih menggunakan tes matematika, baik berupa tulisan teori matematika maupun soal penyelesaian masalah(soal cerita).

Ada beberapa konsep atau teori matematika yang dipakai di dalam ilmu psikologi,yaitu salah satunya statistika,yaitu secara singkat statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data,yaitu merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.Jadi psikologi juga perlu mempelajari matematika dan statistika karena pengumpulan data itu sangat membutuhkan hitung-hitungan.

Di lingkungan masyarakat pun secara tidak langsung orang sudah menggunakan matematika. Seperti ketika orang (pengusaha,pedagang,wiraswasta,dll) menghitung penghasilan, hasil panen, jumlah belanja,uang jajan, luas tanah, luas rumah, ongkos, hak waris, dan masih banyak yang lainnya. Jelas bahwa matematika sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga apabila ada orang yang mengatakan ingin menghindari matematika sebenarnya itu tidak dapat dilakukan. Karena mau tidak mau matematika digunakan dalam aktivitas sehari-harinya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Share it

Save our beautiful earth!

Save our beautiful earth!
if not now, then when? if not us, then who?